Comments

Postingan Populer

Sabtu, 11 Juli 2020

Tak Terima Dijemput Tim Covid-19, Warga Grati Lakukan Demo

Pasuruan, Lumbung Berita
Puskesmas Grati kemarin siang, mendadak didatangi oleh puluhan orang (11/07/2020). Kedatangan warga Dusun Randukerto, Desa Rebalas, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan itu untuk memprotes dan menolak penjemputan salah satu warganya yang disinyalir positif Covid-19.


Beruntung tidak terjadi hal anarkis. Massa dapat membubarkan diri setelah mendapatkan pengarahan dari aparat keamanan yang terjun langsung ke Puskesmas Grati.


Informasi yang didapat awak media, protes massa itu diawali dari salah satu warga berinisial SS yang dinyatakan positif Covid-19. Terkonfirmasinya status SS ini setelah dilakukan tes swab pada 29 Juni 2020 lalu di RS Saiful Anwar Malang dengan hasil positif.


Petugas Puskesmas Grati kemudian melakukan mediasi dengan FH (Suami SS) agar SS melakukan isolasi ditempat yang disediakan Pemkab Pasuruan yaitu di BLK Rejoso. 


Setelah pertemuan itu usai, sesuai kesepakatan, FH kembali ke rumah untuk menyampaikan hasil mediasi kepada istri dan keluarganya.


Namun, sampai dua jam ditunggu, SS maupun FH tak kunjung datang ke Puskesmas. Kepala Puskesmas Grati bersama Plt Camat Grati, Babinsa dan Bhabinkamtibmas selanjutnya berinisiatif menjemput SS.

Sesampai dikediaman SS, pihak keluarga FH rupanya belum bersedia SS di isolasi. Kondisi semakin tidak memungkinkan karena warga sekitar mulai berkumpul dan sepakat menolak. Kapolsek Grati akhirnya meminta Tim negosiasi segera meninggalkan tempat.


Sekembalinya tim negosiasi, puluhan warga Dusun Randukerto sekira pukul 14.00 WIB meluruk Puskesmas Grati dan melakukan aksi protes.


Aksi protes dilakukan karena warga mengaku trauma dengan perlakuan kepada salah satu jasad warga Dusun Randukerto. Saat itu salah satu warga tersebut belum dinyatakan positif Covid-19 namun proses pemakamannya dilakukan sesuai protap Covid-19.


Aksi protes berlangsung satu jam lebih. Sekira pukul 15.30 WIB warga akhirnya membubarkan diri setelah aparat keamanan berhasil memediasi.

Jurnalis   : Doel
Penerbit : Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar