Comments

Postingan Populer

Kamis, 09 Juli 2020

Angka Kesembuhan Semakin Naik, Kabupaten Pasuruan Tak Lagi Zona Merah

Pasuruan, Lumbung Berita
Semakin bertambahnya pasien positif Covid-19 yang sembuh rupanya turut mengantrol posisi Kabupaten Pasuruan. Dalam Peta sebaran Covid-19 Jatim, Kabupaten Pasuruan telah berubah menjadi zona oranye setelah sebelumnya berzona merah.


Hal ini dibenarkan oleh Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, Kamis sore (09/07/2020). Pernyataan mantan Komandan Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 8 Sidoarjo ini disampaikan seusai pemulangan ke- 23 pasien Covid-19 di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pandaan.


"Dari seluruh wilayah Jatim, alhamdulillah kita adalah salah satu yang bisa menurunkan dari zona merah menjadi zona oranye." Ucap pria yang juga akrab disapa Burhan itu.


Menurutnya, kesembuhan pasien tersebut berkat penerapan langkah - langkah jitu. Salah satunya, sebutnya, adalah menitik beratkan pada aspek psikologis pasien.


"Kita mengambil langkah penanganan Covid-19 ini dengan cara tidak selalu mengandalkan obat. Tetapi ada campur tangan psikologis yang signifikan. Ketika mereka diisolasi di Rumah Sakit, ada perasaan tertekan dan stres. Jadi kita mengambil langkah mencari tempat yang sekiranya pasien itu bisa refresh." Jabarnya.
Kondisi pasien yang lebih tenang, terang Burhan, menjadi imun tersendiri bagi pasien. "Kondisi refresh ini lah yang menjadi kunci utama mereka dapat meningkatkan imunitas." Tambahnya.


Selain itu, ia menyatakan kesembuhan pasien juga didukung dengan pemberian nutrisi sekaligus kearifan lokal berupa minuman probiotik.


"Kita juga berikan tambahan - tambahan nutrisi, suplemen maupun kearifan lokal yang ada di Kabupaten Pasuruan yakni pemberian Probiotik." Ungkapnya.


Kombinasi tersebut, lanjut Burhan, terbukti efektif. Hingga sampai saat ini total pasien yang sembuh berjumlah 147 orang. 


"Alhamdulillah sesuai yang kita saksikan bersama hanya dalam waktu seminggu kita bisa memulangkan pasien. Kalau dua hari yang lalu kita memulangkan 41 pasien, maka hari ini kita memulangkan 23 pasien." Tegasnya.


Setelah menjadi zona oranye, pria yang telah menjabat Dandim sejak September 2019 ini menegaskan akan terus berupaya menjadikan Kabupaten Pasuruan kembali ke zona hijau. 


"Mohon kerjasamanya. Mari kita bersama berusaha dan berdoa. Semoga setiap hari kita bisa memulangkan pasien dan Kabupaten Pasuruan kembali menjadi zona hijau." Harapnya.

Jurnalis : Indra
Penerbit : Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar