Comments

Postingan Populer

Rabu, 22 Juli 2020

Operasi Patuh Semeru Resmi Dimulai

Pasuruan, Lumbung Berita
Operasi Patuh Semeru 2020 resmi berlaku hari ini. Selama 14 hari kedepan, aparat keamanan akan menertibkan dan mendisiplinkan masyarakat dalam berlalu lintas.


Dimulainya operasi ini ditandai dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru di Halaman Mapolres Pasuruan Jl Dr Sutomo No 01 Bangil, Kamis (23/07/2020).


Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan fokus Operasi Patuh Semeru menyasar pada penerapan protokol kesehatan masyarakat pada saat berkendara. 


"Kegiatan operasi patuh akan difokuskan pada kegiatan Pre-emtif dan Preventif. Penerapannya lebih menitih beratkan pada penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang berkendara dijalan." Ujarnya.


Pria asli Magelang ini melanjutkan, selama 2020, angka kecelakaan di Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan sebanyak 12,31%. 

"Berdasarkan anev Ditlantas Polda Jatim, angka laka lantas di Jawa Timur mengalami penurunan 12,31 persen. Dimana pada tahun 2019 sebanyak 12.488 kejadian. Sedangkan tahun 2020 sebanyak 10.951." Terang pria yang juga akrab disapa Rofiq tersebut.


Berbanding lurus dengan penurunan laka lantas, Rofiq menyebut angka pelanggaran lalu lintas juga mengalami penurunan. 


"Sedangkan data pelanggaran lalu lintas mengalami penurunan. Dimana pada tahun 2019 sebanyak 505.771 kasus dan tahun 2020 sebanyak 499.246 kasus. Atau mengalami penurunan sebesar 1,29 persen." Paparnya.


Ia kemudian berharap, adanya Operasi Patuh Semeru ini dapat menjaga situasi tetap kondusif. "Sehingga tercipta situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan lalu lintas, pelanggaran dan kemacetan."  Urainya.


Selain itu, gelaran operasi yang berbarengan dengan situasi pandemi Covid-19, membuat Rofiq menaruh asa, operasi tersebut dapat menekan penyebaran virus dari Wuhan itu.


"Pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020 kali ini diharapkan akan dapat mendorong berkurangnya tempat penyebaran Covid - 19." Pungkasnya. 

Jurnalis : Indra 
Penerbit : Redaksi

0 komentar:

Posting Komentar