Comments

Postingan Populer

Selasa, 11 Agustus 2020

Terkait Tanah Kas Desa yang di Kelola Bumdes Dewarejo, Ini Kata Kades Selorejo..!

Malang_Lumbungberita.id
Pengelolaan tanah kas Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, yang di kelola Bumdes Dewarejo dan di sengketakan oleh beberapa oknum warga kembali menjadi konsumsi publik. 


Pasalnya, Tanah Kas Desa (TKD) berupa kebun jeruk yang selama ini di kuasai oleh beberapa warga kini harus berpindah alih ke pemerintah desa.


TKD seluas 25 hektare yang berada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, sudah di serahkelolakan ke Badan Usaha Milik Desa (BumDes) setempat.


Sementara itu Kades Selorejo, Bambang Soponyono saat di Konfirmasi melalui telephon selulernya (09/08/20) menjelaskan, bahwa pemerintah desa mengambil alih lahan tersebut sudah melalui beberapa tahapan.


Tahapan yang maksud dengan cara rembuk desa dan musyawarah desa yang menghasilkan mufakat, bahwa yang tidak mau memperpanjang sewa tanah tersebut akan di ambil kembali dan di serahkan ke Bumdes.


"Jadi sebelum TKD tersebut kita ambil alih, kita sudah melakukan musyawarah bersama baik warga dan BPD," Jelasnya.


Terkait kenapa lahan tersebut harus di kelola BumDes..?, Bambang pun menjelaskan, dari pihak penggarap sudah menikmati puluhan tahun, bahkan turun temurun, di sisi lain masih banyak warga yang membutuhkan.


Menurutnya, kalaupun bisa saya bagi, pasti saya bagi rata lahan tersebut, karena tidak mungkin lahan seluas 25 haktare kita bagi semua, mending saya serahkan ke Bumdes.


"Maka dari lahan tersebut kita ambil alih dan kita serahkelolakan ke Bumdes, agar hasilnya bisa jadi pendapatan asli desa, dan kita kembalikan lagi untuk membangun desa," Ungkapnya.


Saat di tanya pemerataan ekonomi warganya, dengan tegas Bambang menceritakan, bahwa, hasil pendapatan desa di buat untuk membantu meringankan beban masyarakat yang benar-benar membutuhkan, atau masyarakat yang kurang mampu.


Salah satu contoh, kemarin 5 ton beras kita bagikan disaat kita PSBB mandiri, pajak kita bebaskan, air bersih juga kita bebaskan disaat pendemi covid-19 ini.


"Lagian masalah tanah kas desa tersebut, yang masih memperpanjang tenang tenang saja, dan mereka juga gak merasa terusik, dan masalah ini sudah kami serahkan kepada pihak kepolisian. Saya hanya menunggu kabar dari pihak Polres Malang," Jelasnya.


Bambang juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Kepolisian, yang  sudah membantu dan bekerja semaksimal mungkin agar terciptanya suasana kondusif, aman, nyaman dan tentram di Desa Selorejo.


Jurnalis   : Ulum
Penerbit : Redaksi.

0 komentar:

Posting Komentar